Kamis, 02 November 2023

 JENIS JENIS KAIN DRILL 
UNTUK PAKAIAN

American Drill

Jenis Kain ini memiliki ketebalan dibawah kain japan drill (lebih tipis). Namun kain ini juga memiliki tekstur kain yang lembut. Kain ini sangat cocok digunakan digunakan untuk bahan dasar pembuatan seragam kerja dikarenakan memiliki cost produksi yang lebih murah. Oleh sebab itu, Sobat jangan ragu untuk menggunakan jenis kain ini. 

Twist Drill

Jenis kain ini memiliki serat cotton yang lebih rendah di banding american drill. Twist drill memiliki tekstur yang lembut dan licin. Akan tetapi, kain ini tidak dapat menyerap air / keringat dengan maksimal.

Japan Drill

Jenis kain ini sering digunakan karena memiliki konsentrasi / kandungan cotton yang tinggi. Selain itu, siat dari kain ini lebih tebal dan kuat sehingga membuat jenis kain ini memiliki harga yang cukup mahal.

Taipan Drill

Jenis kain ini memiliki konsentrasi / kandungan cotton yang tinggi dibandingkan dengan japan drill. Dan kain ini sangat nyaman untuk digunakan.. Akan tetapi cost produksi untuk bahan ini lebih tinggi.


CARA MERAWAT PAKAIAN DARI KAIN DRILL

Perawatan pakaian yang berbahan drill cukup mudah jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Perawatan pakaian yang utama terletak pada cara pencucian. Asalkan caranya benar maka pakaian akan awet.

Cara Mencuci

Pencucian semua jenis pakaian adalah perawatan yang paling mendasar. Di bahan pakaian lainnya, penggunaan mesin cuci tidak disarankan karena dapat membuat pakaian tersebut menjadi tidak awet. Namun, pada pakaian yang menggunakan bahan drill dibolehkan mencuci menggunakan mesin cuci, karena dapat memudahkan pekerjaan. Jika tidak menggunakan mesin cuci, mencuci dengan tangan juga disarankan tetapi pada saat menyikatnya diusahakan tidak terlalu keras, karena bisa merusak tekstur kain, dan juga dapat membuat memudarnya warna kain.

Cara Menjemur

Setelah melakukan pencucian dengan benar, maka dilanjut dengan menjemur pakaian drill. Agar warna pakaian tidak pudar, disarankan tidak menjemur dibawah paparan sinar matahari langsung. Dan usahakan menjemur dalam keadaan pakaian terbalik (sisi dalam pakaian berasa di luar).

Cara Menyetrika

Menyetrika pakaian dengan bahan drill disarankan menggunakan setrika uap. Karena, dengan menggunakan setrika uap kain menjadi lebih halus dan lembut tetapi tidak meninggalkan efek mengkilap karena terlalu panas. Selain itu, setrika uap dapat mempertahankan warna kain. Jadi, perawatan untuk bahan pakaian jenis drill ini lebih mudah dibanding pakaian jenis lain.

Tentu Anda bisa mengunjungi Bigfat Konveksi Medan untuk pembuatan seragam dengan kualitas bahan yang bagus. Dan juga jahitan yang rapi.


Referensi :

https://social.technet.microsoft.com/Profile/Bigfat%20Konveksi%20Medan

- Redbubble

- Academia.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  JENIS JENIS KAIN DRILL  UNTUK PAKAIAN American Drill Jenis Kain ini memiliki ketebalan dibawah kain japan drill (lebih tipis). Namun kain ...